AC bersih Keluarga kita Sehat

PKS Partai Kita Semua....!!!

Jasa Bongkar Pasang AC Tegal Brebes 0856 4398 1258: Pump-Down

Semakin dingin temperatur maka semakin baik pencampuran pelumas dengan refrigerant (walaupun ada batasannya).

Pada saat kompresor berhenti, temperatur body kompresor akan turun menuju temperatur sekitarnya. 

Pada saat start-up, refrigerant yang bercampur dengan pelumas dalam ruang crankcase (low side) karena terjadi penurunan tekanan yang tiba2, maka refrigerant akan mendidih dengan cepat, sehingga dengan mudah masuk ke ruang cylinder. Jika hanya refrigerant saja yang masuk ke dalam cylinder, tidak menjadi masalah, tetapi karena refrigerant bercampur baik dengan pelumas, maka pelumas akan ikut terangkat masuk ke cylinder. Akibatnya, komponen yang rentan rusak adalah reed valve pada kompresor. 

Semakin banyak pelumas yang terangkat masuk, semakin besar kemungkinan terjadi kerusakan reed valve. Ini sama halnya dengan kejadian liquid hammering.

Untuk mengurangi pencampuran refrigerant dengan pelumas pada saat kompresor off, maka dipasanglah crankcase heater yang berfungsi untuk menjaga agar temperatur body kompresor tidak turun jauh dari temperatur kerjanya.

Tetapi perlu diingat juga, dengan diaktifkannya crankcase heater pada saat kompresor off bukan berarti pelumas bisa terbebas dari pencampuran refrigerant.

Kenapa kompresor jenis sentrifugal tidak perlu off-pump down?

Seperti telah disebutkan diatas, hal yang dikhawatirkan jika system tidak menggunakan off-pump down adalah naiknya pelumas dalam konsentrasi yang berlebihan ke dalam cylinder kompresor yang memiliki reed valve / jenis positif displacement pada saat start-up. Terlihat jelas yang harus diberi perhatian terutama kompresor jenis piston/reciprocating yang memiliki dua reed valve utk setiap cylindernya (rotary atau scroll hanya satu di bagian discharge).

Dan untuk kompresor jenis sentrifugal naiknya pelumas tidak menjadi masalah yang besar karena termasuk non-positif displacement compressor. Kompresor sentrifugal hanya mempercepat aliran fluida untuk menaikkan tekanannya sehingga tidak memiliki reed valve, berbeda dengan positif displacement yang harus melalui proses kompresi.

Satu hal lagi, kompresor sentrifugal juga bisa didesign tanpa perlu pelumas (oil less kompresor), dengan menggunakan magnetic bearing crankshaft kompresor ditahan melayang (levitation) ditengah2 magnetic bearing tsb, seperti yang digunakan pada beberapa jenis chiller merk "Y". 

Jika tekanan kerja di bagian low side adalah positif,maka sebaiknya pump down pressure dibuat cut-off pada tekanan sedikit diatas tekanan atmosfir. Tujuannya untuk menghindari masuknya udara jika terjadi kebocoran di daerah low side.





0 komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Arsip Blog