AC bersih Keluarga kita Sehat

PKS Partai Kita Semua....!!!

Cara Mencari Kebocoran Pada Evaporator


Jasa Perbaikan AC Split Tegal 0856 4398 1258 Sukses Mulya AC

Oleh James Priyono,

Cara mencari kebocoran pada bagian evaporator sama pencariannya dengan mencari kebocoran pada ban dalam kendaraan anda pada tukang tambal ban.
bila anda ingin melakukan perbaikan ini pertama-tama lakukan proses pump down (memasukan freon kedalam unit outdoor atau melakukan cara bongkar pasang ac split yang telah saya posting sebelumnya)




proses pump down dilakukan bila freon dalam sistem masih ada, tetapi bila sudah tidak ada freon dalam sistem anda tak perlu untuk melakukan pump down.
setelah indoor terlepas dari bracket buka tutup indoor lalu buka beberapa baut pada bagian komponen pcb dan lepaskan socket fan motor, socket motor swing, socket sensor led display, socket thermistor dan lepaskan kabel ground/arde yang menuju bagian evaporator.

setelah box komponen pcb anda lepaskan buka evaporator.
evaporator ada yang dibaut pada body indoor atau hanya dikunci dengan cara menjepitnya dengan body indoor.
angkat bagian kiri terlebih dahulu lalu kemudian lepaskan dengan cara perlahan-lahan dan jangan lupa buka klem yang mengunci pada pipa dibagian belakang indoor unit.

setelah evaporator terlepas tutup bagian pipa ukuran 3/8 dengan nepel 3/8 yang sudah dikembangkan ujung pipanya dan pada ujung satunya anda las mati. ( lihat gambar 2 )
pasang nepel 3/8 tersebut lalu dikencangkan dengan 2 buah kunci inggeris.
sedangkan pada bagian pipa 1/4 nya anda pasangkan selang manifold, untuk memasukan angin dari pompa vakum yang telah anda buat dengan compressor bekas.
bila anda tak mempunyai pompa vakum yang terbuat dari compressor, anda bisa memasukan freon kedalam evaporator tersebut.
tapi cara ini membuang banyak freon bila timbul kebocoran lagi setelah evaporator di las.

setelah evaporator berisi tekanan oksigen ( 100 - 150 PSI ) lalu celupkan evaporator pada bak ember besar dan perhatikan bagian samping kiri dan kanan untuk melihat kebocorannya.
bila sudah anda temukan letak kebocorannya kemudian angkat evaporator dari bak ember dan buang oksigen yang berada dalam evaporator.
lalu anda bisa melakukan pengelasan pada bagian yang bocor dengan alat las yang anda miliki, atau anda bisa meminta bantuan jasa tukang las karbit yang ada disekitar rumah anda untuk melakukan pengelasannya.
lakukan pengelasan atau penebalan pada bagian samping kiri dan kanan agar evaporator menjadi lebih kuat dari tekanan freon.
setelah selesai melakukan pengelasan periksa kembali dengan cara mencelupkan pada bak ember yang berisi air dan berikan tekanan oksigen dan perhatikan pada bagian samping kiri dan kanan apa masih ada yang bocor?

jika sudah tidak ada kebocoran, pasang kembali evaporator pada indoor dan pasang kembali indoor unit pada barcket.
setelah nepel indoor dan kabel power untuk outdoor terpasang pada pipa instalasi, lakukan vakum dan isi freon kembali.
atau tambahkan freon bila dalam unit masih terdapat sisa freon.

Ingat : Matikan aliran listrik yang menuju ac split anda !!! bila anda mau mencoba apa yang saya tulis diatas.

1 komentar:

  1. postingan yang sangat bermanfaat salam kenal dari kami
    http://serviceac-surabaya-ok.blogspot.com/

    BalasHapus

Entri Populer

Arsip Blog